Home » » Berapa Peta Jarak Korea Utara (Korut) dengan Amerika ?

Berapa Peta Jarak Korea Utara (Korut) dengan Amerika ?

Ketegangan di Semenanjung korea saat ini mencapai titik tertinggi sejak 1953 yang tidak ditandai aksi damai antar Kore Utara dengan Korea Selatan. Kedua kubu yang berseteru tidak pernah mencapai titik temu hingga sekarang, belakangan Korea Utara sering kali menggertak Korea Selatan dengan umbaran yang menakutkan berupa program nuklir hingga rudal balistik antar benua atau ICBM.
peta jarak korut ke amerika

Sejak tahun 2017 Korut tercatat telah melakukan uji coba rudal jarak jauh dan pada bulan ini tepat tanggal 15 September 2017 Korut mengklaim berhasil menguji coba Bom Hidrogen ( Bom H ) atau Termonuklir yang daya ledakannya diperkirakan 1000 kali lipat dibanding dengan ledakan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Deretan uji coba rudal dan nuklir Korut menjadi momok yang menakutkan. Kecaman dari dunia internasional tidak menyulutkan niat Korut dalam ambisi teknologi nuklir. Korea Selatan dan Jepang merupakan negara yang merasa terancam dan diketahui Amerika sebagai sekutu pelindung kedua negara tersebut, akibatnya Amerika ,Korsel dan Jepang menjadi musuh Korea Utara.
Dikatakan,Korut menguji coba rudal nuklir untuk melindungi negaranya dari ancaman asing. Amerika sebagai negara adidaya diakui suka ikut campur urusan negara lain , sebagai contoh Suriah,Irak,Libya dan kawasan timur tengah lainnya yang menjadi sasaran empuknya. Belum lagi konflik korea yang tidak pernah surut menambah keruh suasana di semenanjung korea.
Ambisi Korut dalam mengembangkan nuklir memang berdasarkan alasan yang pasti yaitu melindungi negara dari intervensi asing , dengan nuklir tidak akan ada yang berani menyerang kecuali yang menyerang adalah negara nuklir itu sendiri. Namun memang ada standar tersendiri agar nuklir tidak digunakan untuk pemusnah masal kecuali untuk pengayaan energi dan penanganan medis. Sebuah bom nuklir bisa meluluh lantahkan sebuah kota dalam sekejap dan radiasinya dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya yang berujung dengan kematian.
Pada 4 Juni 2017 Korut tercatat melakukan uji coba rudal Hwasong-14 yang mencapai ketinggian 2802 Km , mengudara sejauh 933 Km dan jatuh di laut Jepang setelah terbang selama 39 menit.
Pada 29 Agustus 2017 lalu Korut meluncurkan rudal Hwasong-12 dengan sasaran ke pangkalan militer Amerika ( Guam ) melintasi wilayah udara Hokkaido yang kemudian jatuh di laut Jepang.
Pada 3 September Korut diketahui menguji coba Bom Hidrogen yang mengakibatkan gempa 6,3 Skala Richter yang terasa hingga Korea Selatan dan Jepang. Masih dalam bulan yang sama , Korut juga menguji coba rudal jarak menengah Hwasong-12 yang melintasi wilayah Hokkaido yang kemudian jatuh di laut Jepang meskipun tidak ditembak jatuh oleh otoritas Jepang.
Rudal Korut merupakan paling sering diuji coba dengan jarak yang beragam , ambisi negara pimpinan Kim Jong Un itu untuk mengangkut hulu ledak yang dipasang dalam misil untuk mengirimkannya ke daratan Amerika. Informasi yang sedang hangat, Korut berencana melenyapkan wilayah Guam dengan nuklir yang akan menyusul dengan wilayah penting Amerika lainnya. Walaupun belum mampu mencapai daratan Amerika secara maksimal akan tetapi suatu saat mereka akan mampu jika tidak ditekan terus-terusan oleh dunia internasional.
Lantas berapa jarak Korut dengan Amerika sebenarnya ?

  • Alaska : 5954 Km
  • Los Angeles : 9551 Km
  • Chicago : 10420 Km
  • Washington : 11035
  • New York : 10916 Km
  • Guam : 3400 Km

0 komentar:

Posting Komentar